Minggu, 04 Juni 2017

Mengenal Fungsi TabStrip Pada Pemrogaman GUI Gambas Beserta Contoh Penggunaannya




TabStrip merupakan salah satu Tool pada Pemrogaman GUI Gambas yang berfungsi untuk mengelompokkan satu atau beberapa tools seperti TextBox, ComboBox, Button, dll dalam satu Container yang terbagi dalam satu atau beberapa Tab, sebagaimana pada gambar berikut:
Contoh :
Menuju Tab ke-2

Public Sub Button1_Click()
  TabStrip1.Index = 1
End

Menuju Tool dalam Tab

Public Sub Button1_Click()
  ‘Dalam contoh gambar diatas, menuju TextBox3 dalam Tab pertama.
  TabStrip1[0].Children[2].SetFocus
End

Perhatikan pada code TabStrip1[0]. Tanda “[0]” merupakan index ke-0 dalam tabstrip. Jika dalam TabStrip terdapat 2 Tab (sebagai mana pada gambar terdapat Tab Pertama dan Kedua), maka Tab pertama adalah TabStrip1[0], dan Tab ke dua adalah TabStrip[1]. Jadi index dimulai dari “0”.

Sedangkan Children merupakan status tool yang menjadi anak/bagian dari TabStrip (Tab lebih tepatnya). Identitas Children juga dimulai dari “0”.
Perlu diperhatikan, Dalam kondisi tertentu penggunaan children akan sedikit membingungkan karena ketidaksamaan dalam penggunaan. Misalnya ketika membuat event _KeyPress, dalam suatu form ter dapat 2 tools yakni, Label1 dan TextBox1. Adapun posisinya Label1 lebih dulu dibuat daripada TextBox1, maka fokus .Children[1] saat penggunaan event _KeyPress dengan control code Key.Return (untuk Tombol Enter) akan berbeda hasilnya dengan Key.Normal (untuk Tombol Tab). Jika menggunakan Key.Return maka Fokus .Childern[1] ke Label1 karena yang pertama kali dibuat, sedangkan jika menggunakan Key.Normal maka fokusnya ke TextBox1. Untuk (tutorial) lebih jelasnya lihat http://hurufsandi.blogspot.co.id/2017/06/penggunaan-method-children-pada-gambas.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar