Jumat, 26 Januari 2018

Penggunaan Comp() Untuk Melakukan Perbandingan Pada Gambas


Rumus:
Hasil = Comp(String1 As String, String2 As String, Mode As Integer) As Integer

Membandingkan dua string dan mengembalikan pada nilai:

0 jika kedua string sama
1 jika string1 lebih besar daripada string 2
-1 jika string1 lebih kecil dari string 2

Huruf kecil (Lower Case) kedudukannya lebih tinggi dari pada huruf besar (Upper Case)

Contoh

Public Sub Main()

Print Comp("Aku", "Aku") ‘Hasil 0
Print Comp("aku", "Aku") ‘Hasil 1
Print Comp("Aku", "aku") ‘Hasil -1
Print Comp("AKU", "Aku") ‘Hasil -1

End Sub

Perbandingan ini biasanya digunakan dalam pemrogaman untuk membuat kondisi. Contoh 1:

Public Sub Main()



     Dim Tes As String

     Tes = “Coba”

     if Comp(Tes, “CobA”) = 0 Then

         Print “Sama”

     Else

         Print “Tidak Sama”

     Endif



End Sub


Hasil:
Tidak Sama

Mari belajar yang lebih rumit lagi. Contoh 2:

Public Sub main()



     Dim Tes As String

     Tes = "Coba"

     If Comp(Tes, "cOba", 1) = 0 Then

         Print "Benar"

     Else

         Print "Salah"

     Endif



End

Hasil:
Benar

Program diatas menghasilkan benar karena perbandingan yang salah dianggap benar, kemudian dibandingkan dengan nilai benar (“0”). Berikut logikanya:

Comp(“Coba”, "cOba") merupakan perbandingan yang benilai salah (“1”) karena kedua string tidak sama, Namun ketika menggunakan Mode “1” : Comp(“Coba”, "cOba", 1) maka artinya kedua string yang tidak sama/salah diakui bernilai salah (“1”) . Sedangkan pengakuan merupakan tindakan yang benar sehingga dianggap benar, Sehingga Comp(“Coba”, "cOba", 1) mengakui adanya ketidak cocokan maka dianggap “benar” / “0” kemudian dibandingkan dengan “0” maka hasilnya dinggap benar.

“Coba”, “cOba” adalah tidak sama atau salah. “1” adalah salah. Maka “Coba”, “cOba” yang salah diakui sebagai “1” (salah). Pengakuan tersebut adalah tindakan yang “mulia” maka dianggap benar (“0”).

maka:
Comp(“Coba”, "cOba", 1) >> Benar
0 >> Benar

maka:
Comp(“Coba”, "cOba", 1) = 0 Sama dengan 0 = 0 atau “benar” = “benar”.

Semoga penjelasannya tidak “Njlimet” :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar